Polemik Hare Krishna, Yayasan Iskcon Diminta Tidak Melakukan Kegiatan Di Ruang Publik

Ketua Puskor Hindunesia, Ida Bagus Susena mengatakan, PHDI Bali harus lebih proaktif agar kondisi tidak semakin memanas. Menurutnya, saat ini terjadi pergeseran yang tidak alamiah yang cenderung mengubah masyarakat dengan ajaran dari luar yang berkedok Hindu. Terlebih, mereka menyebarkan ajaranya ke generasi muda dengan menyisir sekolah-sekolah,” ungkapnya.

” Generasi kita terancam. Ajaran HK sendiri menentang panca yadnya terutama tentang binatang. Terlebih, mereka menyebarkan ajaranya ke generasi muda dengan menyisir sekolah-sekolah,” ungkapnya. Aksi ini merupakan aksi penolakan terkait berkembangnya ajaran Hare Krisna di Bali. Namun dengan terus-menerus dan meningkatnya penggunaan istilah Sanatana dharma atau Veda-dharma, setidaknya oleh orang-orang yang lebih sadar akan definitif dasar sanskrit istilah-istilah ini, mereka akan memperoleh pengakuan sebagai istilah yang lebih tepat. Dikatakan bahwa, “Selain itu, benar bahwa nama ini telah diberikan kepada ras Arya asli daerah penyerbu Muslim untuk mempermalukan mereka. Dalam bahasa Persia, kata penulis kami, kata tersebut berarti budak, dan menurut Islam, semua orang yang tidak memeluk Islam disebut sebagai budak.

Ksp Tegaskan Pemerintah Tak Menggunakan Buzzer Di Media Sosial.

Brahma-Madhva-Gaudiya sampradaya, mengacu pada nilai-nilai tradisional yang berasal dari pemahaman Dewa Brahma. Artinya Hare Khrisna mengklasifikasikan diri sebagai tradisi monoteistik, melihat banyak bentuk Wisnu sebagai perluasan atau inkarnasi dari Tuhan Yang Maha Esa– Krishna.

Lokasi di mana kata “Hindu” terjadi untuk apa beberapa orang merasa pertama kalinya dalam Avesta dari Iran dalam deskripsi negara India dan rakyatnya. Seperti negara agama Zorastrime, kata tampaknya mengambil makna yang menghina. Dan tentu saja sebagai mana Islam menyebar di India, kata “Hindu” dan “Hindustan” menjadi semakin tidak dihormati dan bahkan dibenci di arena Persia, dan lebih menonjol dalam sastra Persia dan Arab setelah abad ke-11. Untuk mengajarkan dan menyemangatkan gerakan sankirtana, atau pengucapan nama suci Tuhan secara beramai-ramai seperti yang disampaikan dalam ajaran-ajaran Sri Caitanya Mahaprabhu. Secara sistematis mempropagandakan pengetahuan spiritual kepada masyarakat luas dan untuk mendidik semua orang dalam teknik-teknik kehidupan spiritual dalam rangka menahan nilai-nilai yang tidak seimbang dalam kehidupan dan untuk mencapai kesatuan yang sejati dan kedamaian di dunia.

Sig Dukung Program Plasma Bumn Untuk Indonesia

Tokoh ISKCON di Amerika menolak tuduhan bahwa kegiatan Hare Krishna ilegal di Indonesia. Diantaranya, mendesak PHDI untuk membubarkan Hare Krishna, mengeluarkan Hare Krisna dari agama Hindu dan PHDI, mencabut pengayoman PHDI terhadap ISKCON/Hare Krishna, penarikan buku-buku pelajaran siswa SD yang memuat konten Hare Krisna dan tidak sesuai dengan tradisi budaya dan kearifan lokal di Bali. Prabhupada memaknai “Hindu” dalam konteks nama yang berasal dari sebutan untuk penduduk di sekitar sungai Sindhu untuk menyebut orang yang berasal dari India, atau agama yang berasal dari India.

  • Anuttama Dasa juga menolak tuduhan bahwa organisasinya melakukan aktivitas yang dianggap ilegal di Indonesia.
  • Sejumlah kelompok dan lembaga pemerhati Hindu belakangan gencar menyuarakan tentangan terhadap kegiatan dan keberadaan gerakan Hare Krishna, International Society of Krishna Consciousness di Indonesia. Polemik ISKCON Hare Krishna /li>
  • Ia berharap bukti dari tuduhan-tuduhan tersebut disampaikan untuk ditindaklanjuti, jika ada penyimpangan dalam pelaksanaan kegiatan, serta mengharapkan dialog untuk kebaikan bersama.
  • Karena di nilai aneh dan di luar kebiasaan umat Hindu di Bali, postingan-postingan menyangkut Hare Krishna begitu cepat viral dan di share oleh para netizen sehingga menimbukan suasana menjadi panas.
  • Sebagaimana diketahui, belakangan ini kerap kali dunia maya khususnya di grup-grup facebook di Bali di hebohkan dengan postingan foto dan video kontroversi dan berbau provokasi yang berisi kegiatan-kegiatan para penganut aliran Hare Krishna di Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *